PERUBAHAN

Satu kata yg sering sekali terdengar dan mudah sekali sepertinya diucapkan, "aku ingin berubah"... tetapi untuk implementasinya sulit y' sangat sulit.
Sering kali ketika kita ingin berubah, kita menyalahkan keadaan disekeliling kita ga ada yg mendukung lah, situasi tidak bersahabat lah padahal intinya bukan itu. Perubahan hanya dan hanya jika dari diri kita punya KEMAUAN. Ketika kemauana itu muncul dan kita bertekad untuk MAU BERUBAH. Dan kemauan berubah ini sangat berat ketika kita berhadapan dengan budaya atau kebiasaan.
Begitupun dengan sebuah sistem, perubahan sebuah sistem jauh lebih berat ketimbang merubah diri. merubah diri tinggal bagaimana kemauan diri sendiri sedangkan sistem ada banyak kepala, banyak kondisi dan budaya yang mengakar jauh lebih sulit untuk ditembus oleh perubahan.
sebait kata dari Robert F Kennedi :
"Kemajuan merupakan kata yang merdu. Tetapi PERUBAHANLAH penggeraknya dan perubahan memiliki banyak musuh"
Kenapa saia mengambil kata itu, karna yg terjadi belakangan dilingkungan saia. Ketika sebuah sistem yg selama ini berjalan dengan budaya lama yg tampak berantakan dengan menonjolkan ego2 dan kepentingan2 pribadi yg kompetitif kemudian dirubah dengan konsep dan tujuan yang sebenarnya akan menguntungkan semua pihak, sangat tidak mudah untuk menjalankannya. Terlebih egoisme, ke-aku-an, sikap apatis dan sikap menutup diri dari masukan2 orang membuat semakin sulit perubahan sistem ini berjalan.
Kesadaran untuk menghargai sekecil apapun peran seseorang juga sangat penting. Tanpa disadari peran kecil OB sekalipun memegang fungsi besar dalam sebuah pekerjaan.
Ketika semua telah bisa saling menghargai dan menyadari tanggungjawab masing2 disertai keinginan untuk berubah pasti PERUBAHAN akan berjalan LANCAR...


SALAM PERUBAHAN hehehe

Tidak ada komentar: